Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Tes soal TKP CPNS Part 26

Latihan Tes soal HOTS TKP/Tes Karakteristik Pribadi CPNS ini akan terus di update sehingga menjadi blog direktori yang paling lengkap.

1. Rekan team kerja anda dimarahi oleh atasan pada saat mengumpulkan tugas team karena sudah telat beberapa menit mengumpulkan tugasnya.

Hal ini disebabkan karena rekan anda tersebut harus menggabungkan pekerjaan tersebut terlebih dahulu sebelum dikumpulkan ditambah lagi semua rekan anggota team mengumpulkan tugas pribadi mereka juga terlambat, sehingga rekan anda yang bertugas untuk menggabungkan setiap pekerjaan jadi tidak menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, sikap anda

A. Mendengarkan saja rekan anda dimarahi setelah itu memberikan semangat untuk tidak dimasukkan kehati ucapan atasan
B. Minta maaf kepada teman karena keterlambatan juga disebabkan oleh anggota team yang lain
C. Mengakui kesalahan kepada atasan jika anda juga turut berkontribusi pada masalah tersebut
D. Mengakui kesalahan kepada teman dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi
E. Mengajak rekan anda untuk membicarakannya dan menghiburnya rekan yang dimarahi atasan

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 1
Opsi B = 3
Opsi C = 5
Opsi D = 4
Opsi E = 2

Pembahasan

jawaban yang paling tepat adalah Mengakui kesalahan kepada atasan jika anda juga turut berkontribusi pada masalah tersebut.
soal ini membahas tentang aspek inisiatif dan tanggungjawab. tetap mengakui kesalahan dan memperbaiki segera agar permasalahan lekas terselesaikan.

 

2. Anda memiliki seorang teman yang bercerita kepada anda dan mengeluhkan suami nya yang pecandu narkoba. Dan memohon bantuan karena dia sudah kehabisan cara menghadapi suami nya. Anda sangat prihatin melihat teman anda yg sangat tertekan itu.

Anda memiliki sahabat yang bekerja di Lembaga yang merehabilitasi pecandu narkotika maka tindakan anda…

A. memberi nomor telepon teman, agar dia segera mendaftarkan suami nya di rehabilitasi
B. Memberi nomor teman dan memperkenalkan teman anda yg bermasalah kepada teman anda yg jadi petugas
C. Menelpon teman dan memintanya mendaftarkan suami teman yg harus di rehabilitasi
D. menyarankannya agar segera mendaftar di lembaga rehabilitasi tersebut.
E. Tidak melakukan apapun karena dia harus nya tau sendiri tempat merehabilitasi dimana

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 3
Opsi B = 4
Opsi C = 2
Opsi D = 5
Opsi E = 1

Pembahasan

Jawaban yang paling tepat adalah menyarankannya agar segera mendaftar di lembaga rehabilitasi tersebut.
soal ini membahas tentang aspek kepedulian dan inisiatif.

 

3. Rekan team kerja anda dimarahi oleh atasan pada saat mengumpulkan tugas team karena sudah telat beberapa menit mengumpulkan tugasnya.

Hal ini disebabkan karena rekan anda tersebut harus menggabungkan pekerjaan tersebut terlebih dahulu sebelum dikumpulkan ditambah lagi semua rekan anggota team mengumpulkan tugas pribadi mereka juga terlambat, sehingga rekan anda yang bertugas untuk menggabungkan setiap pekerjaan jadi tidak menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu, sikap anda

A. Mendengarkan saja rekan anda dimarahi setelah itu memberikan semangat untuk tidak dimasukkan kehati ucapan atasan
B. Minta maaf kepada teman karena keterlambatan juga disebabkan oleh anggota team yang lain
C. Mengakui kesalahan kepada atasan jika anda juga turut berkontribusi pada masalah tersebut
D. Mengakui kesalahan kepada teman dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi
E. Mengajak rekan anda untuk membicarakannya dan menghiburnya rekan yang dimarahi atasan

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 1
Opsi B = 3
Opsi C = 5
Opsi D = 4
Opsi E = 2

Pembahasan

jawaban yang paling tepat adalah Mengakui kesalahan kepada atasan jika anda juga turut berkontribusi pada masalah tersebut.
soal ini membahas tentang aspek inisiatif dan tanggungjawab. tetap mengakui kesalahan dan memperbaiki segera agar permasalahan lekas terselesaikan.

 

4. Salah seorang rekan kerja saya mendapat promosi sedangkan menurut penilaian saya kemampuannya tidak lebih baik dari saya.

Respon saya adalah …

A. Menggunakan beberapa cara agar dapat menggeser rekan tersebut.
B. Bekerja lebih giat dan menunjukkan kinerja terbaik saya
C. Menghadap pimpinan dan memprotes promosi tersebut.
D. Tetap bekerja seperti biasa
E. Menerima keadaan tersebut tetapi tidak akan mengikuti perintah rekan tersebut.

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 1
Opsi B = 4
Opsi C = 3
Opsi D = 5
Opsi E = 2

Pembahasan

jawaban yang paling tepat adalah Tetap bekerja seperti biasa
Soal ini membahas tentang aspek lapang dada. tetap lapang dada dan tetap memacu untuk lebih baik kedepannya. tidak lupa memberikan support kepada rekan tersebut

 

5. Anda sedang mengendarai motor dengan agak terburu-buru karena khawatir terlambat sampai dikantor. Ditengah perjalanan, dari jauh terlihat ada sepasang laki- laki dan perempuan berpakaian serba putih-hitam menghentikan setiap keendaraan yang melintas dihadapannya dengan panik, namun sepertinya tidak mendapat respon yang baik.

Motor Anda pun di stop, laki-laki itu meminta bantuan Anda untuk mengantarkan istrinya yang akan melaksanakan ujian CAT CPNS dalam waktu kurang lebih 30 menit lagi, karena motor yang mereka tumpangi mengalami bocor ban dan sedang ditangani oleh bengkel.

Rupanya tempat yang dituju kebetulan satu arah, namun bukanlah jalur tercepat yang biasa Anda lewati untuk sampai dikantor.

Yang akan Anda lakukan adalah…

A. Menyarankan kepada laki-laki itu agar sebaiknya istrinya naik ojek saja dan mengatakan bahwa saya sedang terburu-buru.
B. Menolaknya dengan tegas karena saya tidak ingin terlambat
C. Mengantarkan istrinya dengan syarat harus membayar ongkos
D. Mengantarkan hanya setengah jalan karena saya harus melintasi jalur yang berbeda untuk cepat sampai dikantor.
E. Mengantarkan istrinya sampai ketempat yang dituju meskipun dengan konsekuensi pasti saya akan terlambat sampai dikantor.

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 4
Opsi B = 3
Opsi C = 1
Opsi D = 5
Opsi E = 2

Pembahasan

Jawaban yang paling tepat adalah Mengantarkan hanya setengah jalan karena saya harus melintasi jalur yang berbeda untuk cepat sampai dikantor.
Soal ini membahas tentang aspek inisiatif dan tanggung jawab. ha tersebut dilakukan agar permasalahan segera terselesaikan

 

6. Saya adalah seorang staf administrasi di sebuah perusahaan jasa layanan telepon. Akibat kenaikan tarif layanan telepon banyak pelanggan yang datang dan mengajukan protes. Karena hal tersebut, saya diminta membantu bagian pelayanan.

Tiba-tiba, saat bertugas, saya harus melayani seorang tamu yang sangat rewel dan banyak bertanya. Sikap saya saat itu adalah

A. Meminta teman yang lain untuk melayaninya
B. Melayani seperti biasa dan memberikan yang terbaik
C. Melaporkan hal tersebut pada atasan
D. Melayani dengan malas-malasan
E. Melakukan yang bisa saya lakukan dan tidak melakukan hal yang tidak bisa saya lakukan

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 1
Opsi B = 5
Opsi C = 3
Opsi D = 2
Opsi E = 4

Pembahasan

jawaban yang paling tepat adalah Melayani seperti biasa dan memberikan yang terbaik.
soal ini membahas tentang aspek tanggungjawab.

 

7. Anda sebagai manajer pelayanan konsumen di salah satu tempat servis mobil. Suatu hari ada seorang pelanggan perempuan yang sudah menunggu 3 jam untuk servis mobilnya.

Untuk membuat pelanggan merasa nyaman dalam menunggu, hal apa yang anda lakukan…

A. Mengajak ngobrol pelanggan sembari menunggu mobilnya selesai di servis
B. Memutar musik diruang tunggu
C. Mendekorasi ruang tunggu menjadi bersih, nyaman, ber ac, dan disediakan minuman serta bacaan
D. Memasang wifi di ruang tunggu
E. Memasang tv di ruang tunggu

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 5
Opsi B = 4
Opsi C = 1
Opsi D = 2
Opsi E = 3

Pembahasan
jawaban yang paling tepat adalah Mengajak ngobrol pelanggan sembari menunggu mobilnya selesai di servis.
soal ini membahas tentang aspek inisiatif

 

8. Anda mempunyai klient yg telah bertahun-tahun di perusahaan anda, suatu ketika klient tsb ditangani oleh rekan kerja anda. Dan rekan kerja tsb melakukan suatu tindakan yg tidak disenangi oleh klien tsb.

Bagaimana sikap anda dlam situasi tsb?

A. Meminta maaf atas nama rekan kerja anda
B. Mengucapkan terimakasih banyak kepada klient tsb dan menjadikan sebagai tolak ukur kinerja anda
C. Mendengarkan keluhan tsb dengan seksama dan akan ditindaklanjuti.
D. Mendengarkan keluhan tsb dengan seksama dan langsung chatting ke rekan kerja anda yang dimaksudkan.
E. Mendengarkan keluhan tsb dengan seksama dan akan melaporkan ke atasan/pihak yang bewenang

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 5
Opsi B = 1
Opsi C = 4
Opsi D = 3
Opsi E = 2

Pembahasan
jawaban yang paling tepat adalah Meminta maaf atas nama rekan kerja anda
soal ini membahas tentang aspek inisiatif dan rendah hati.

 

9. Kamu sebagai seorang polisi, kemudian ada salah seorang yang minta didahulukan dalam pembuatan SKCK karena lusa harus segera diberikan ke tempat kerja, padahal situasi saat itu pemohon SKCK juga sangat banyak.

Sebagai Polisi apa yang harus kamu lakukan ?

A. Tetap meminta orang itu untuk antre karena banyak juga SKCK yang harus diurus dari pemohon lain.
B. Meminta orang tersebut untuk tetap antre
C. Menyuruh orang itu untuk ikut sesuai aturan yaitu antre
D. Tidak peduli dan tetap memaksa orang itu untuk antre.
E. Meminta petugas untuk mendahulukan orang tersebut karena harus segera diberikan ke tempat kerja.

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 3
Opsi B = 4
Opsi C = 5
Opsi D = 2
Opsi E = 1

Pembahasan

jawaban yang paling tepat adalah Menyuruh orang itu untuk ikut sesuai aturan yaitu antre
soal ini membahas tentang aspek ketegasan.

 

10. Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di dekat tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan.

Apakah yang akan anda lakukan melihat keadaan tersebut…

A. Segera merapikan sampah itu tanpa pikir panjang, demi kepentingan penggguna jalan lain dan masyarakat banyak
B. Melewati dan membiarkannya begitu saja karena bukan tanggung jawab saya
C. Memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan
D. Memvideo dan foto selanjutnya diviralkan melalui media sosial agar semua orang paham kondisi di sekitar tempat pembuangan sampah
E. Menelepon pihak berwenang yang bertanggung jawab dengan sampah ini\

Pembahasan

Poin Jawaban :
Opsi A = 2
Opsi B = 1
Opsi C = 5
Opsi D = 3
Opsi E = 4

Pembahasan

Jawabannya adalah memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan. Soal ini membahas tentang sosial budaya.

Posting Komentar untuk "Latihan Tes soal TKP CPNS Part 26"