Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Tes soal HOTS TWK CPNS Part 28

Latihan Tes soal HOTS TWK / Tes Wawasan Kebangsaan CPNS ini akan terus di update sehingga menjadi blog direktori yang paling lengkap.

Tes Wawasan Kebangsaan sendiri menurut Kisi-Kisi CPNS tahun 2019 Mengacu akan Nasionalisme, Bela negara, Integritas. Pilar negara & Bahas Indonesia.

1. Kalimat diberikut yang memakai majas ironi yakni ….

A. Dasar bajingan, pergi dari sini!
B. Suaranya meggelegar memecah angkasa.
C. Jangankan seminggu atau sehari, sejam saja ia tidak mau hadir.
D. Kamu rajin sekali, sudah empat hari tidak masuk sekolah.
E. Dewi malam sudah keluar dari balik awan

Pembahasan

Kunci Jawaban : D

Pembahasan
Majas ironi : berisi sindiran halus. Kamu harus rajin sekali, sudah empat hari tidak masuk sekolah

 

2. Beberapa faktor pendorong dicetuskannya Sumpah Pemuda 1928 adalah sebagai berikut, KECUALI…

A. keinginan pemerintah Belanda untuk mencerdaskan lndonesia
B. kesadaran pemuda terpelajar lndonesia untuk merdeka
C. manifesto politik Perhimpunan lndonesia 1925 di Belanda
D. kesenjangan ekonomi yang sangat mencolok antara rakyat biasa dan pada bangsawan
E. kesadaran para pemuda lndonesia untuk menyatukan kekuatan melawan penjajahan Belanda

Pembahasan

Kunci Jawaban : A

Pembahasan
Beberapa faktor pendorong sumpah pemuda.

1.kesadaran pemuda terpelajar lndonesia untuk merdeka
2.manifesto politik Perhimpunan lndonesia 1925 di Belanda
3.kesenjangan ekonomi yang sangat mencolok antara rakyat biasa dan pada bangsawan
4.kesadaran para pemuda lndonesia untuk menyatukan kekuatan melawan penjajahan Belanda

 

3. Kasihan sekali orang itu. Hanya sendirian ia ketika mengalami kesusahan, tanpa ada saudara atau kerabatnya yang berusaha untuk membantunya.

Pernyataan di atas dapat diperibahasakan dengan ….

A. air lalu kubang tohor
B. air mata jatuh ke perut
C. air diminum rasa duri, nasi dimakan rasa sekam
D. air yang tenang jangan disangka tiada berbuaya
E. air susu dibalas air tuba

Pembahasan

Kunci Jawaban : B

Pembahasan
Peribahasa yang berarti sendirian ketika mengalami kesusahan atau penderitaan adalah air mata jatuh ke perut.

 

4. Di antara kalimat-kalimat berikut, manakah kalimat yang tidak menggunakan frase idiomatik?

A. Kepala sekolah sedang bertemu guru baru di depan sekolah.
B. Benar-benar keras kepala anak itu, nasihat orang tuanya tidak juga didengarnya.
C. Dasar kepala udang, soal yang mudah pun tidak bisa dijawabnya!
D. Kelompok pemusik itu sedang naik daun.
E. Pak Darto adalah tiang kampung di kampung Jaya karena usianya lebih dari seratus tahun.

Pembahasan

Kunci Jawaban : A

Pembahasan
Frase idiomatik adalah frase yang berisi ungkapan atau peribahasa yang berarti tidak sebenarnya.

 

5. Tembak-menembak antara pasukan pemberontak dan aparat keamanan terjadi dini hari.
Makna perulangan pada kalimat “tembak-menembak” di atas sama dengan makna perulangan pada kalimat…

A. Gadis itu “melambai-lambaikan” tangannya ke arahku.
B. Para siswa “menari-nari” keriangan setelah mengetahui dirinya lulus ujian.
C. Kedua remaja itu hanya dapat “berpandang-pandangan” tanpa berkata-kata.
D. Tampaknya, anak itu “memata-matai” kami sejak tadi.
E. Kedua remaja yang baru bertemu itu “berlari-larian” di pantai.

Pembahasan

Kunci Jawaban : C

Pembahasan
“Tembak-menembak” termasuk kata ulang yang menyatakan saling. Makna perulangan pada kalimat ini sama dengan makna perulangan pada kalimat “kedua remaja itu hanya dapat berpandang-pandangan tanpa berkata-kata”.

 

6. Simaklah paragraf berikut dengan seksama!
Pendidikan merupakan pilar utama dalam kemajuan suatu bangsa. Karena itu tidaklah mengherankan jika saat ini pemerintah memberikan perhatian besar terhadap dunia pendidikan.

Hal itu bisa dibuktikan dengan meningkatnya anggaran pendidikan pada APBN tahun ini.

Tanggapan negatif terhadap isi paragraf di atas adalah….

A. Mari kita sambut niat pemerintah untuk Menyejahterakan masyarakat khususnya di bidang pendidikan.
B. Semoga anggaran yang sudah dialokasikan ini diwujudkan dalam program kebijakan yang prorakyat.
C. Memang, pendidikan merupakan instrumen mendasar untuk mengukur kesejahteraan suatu bangsa.
D. Besarnya peningkatan anggaran ternyata belum seimbang dengan peningkatan kualitas layanan pada bidang pendidikan.
E. Denga meningkatnya anggaran pendidikan diharapkan juga terjadinya peningkatan pemerataan pendidikan.

Pembahasan

Kunci Jawaban : D

Pembahasan
Tanggapan biasanya berwujud dukungan, kritikan, saran, ataupun tambahan. Sebuah tanggapan negatif merupakan komentar yang cenderung berfikir negatif/sinis.

Tanggapan negatif/kurang mendukung dari opsi jawaban adalah “Besarnya peningkatan anggaran ternyata belum seimbang dengan peningkatan kualitas layanan pada bidang pendidikan”.

 

7. Semangat nasionalisme kaum terpelajar dalam membangun pendidikan skala nasional pada masa pergerakan kemerdekaan didasarkan pada ……

A. Lulusan pendidikan tidak dapat diprediksi
B. Masyarakat pribumi belum tertarik terhadap pendidikan
C. Kolonial belanda membatasi kesempatan pribumi untuk terpelajar
D. Pendidikan kolonial tidak tergantung pada masyarakat pribumi
E. Corak pendidikan nasional berlatar belakang barat & terbatas

Pembahasan

Kunci Jawaban : E

Pembahasan
Pendidikan pada masa pergerakan kemerdekaan RI yg digawangi oleh kolonial Belanda sangat terbatas dan berlatar belakang Barat.

Sehingga kesesuaian terhadap nilai dan norma luhur masyarakat Indonesia terbatas pada ilmu Barat.

 

8. Bagian keempat, Pembukaan UUD 1945 mempunyai hubungan yang bersifat kausal organis dengan Batang Tubuh UUD 1945 yang mencakup beberapa segi sebagai berikut ini, kecuali….

A. Undang-undang Dasar ditentukan akan ada.
B. Yang diatur dalam UUD adalah tentang pembentukan pemerintahan negara yang memenuhi berbagai persyaratan dan meliputi segala aspek penyelenggaraan negara.
C. Negara Indonesia ialah berbentuk Republik yang berkedaulatan rakyat.
D. Ditetapkan dasar kerokhanian negara (dasar filsafat negara pancasila).
E. Rangkaian peristiwa dan keadaan yang mendahului terbentuknya NKRI.

Pembahasan

Kunci Jawaban : E

Pembahasan
Bagian keempat pembukaan UUD 1945 mempunyai hubungan yang bersifat kausal organis dengan batang tubuh UUD 1945 yang mencakup beberapa segi sebagai berikut ini:
A. Undang-undang dasar ditentukan akan ada.
B. Yang diatur dalam UUD adalah tentang pembentukan pemerintahan negara yang memenuhi berbagai persyaratan dan meliputi segala aspek penyelenggaraan negara.
C. Negara indonesia ialah berbentuk republik yang berkedaulatan rakyat.
D. Ditetapkannya dasar kerokhanian negara (dasar filsafat negara pancasila).

 

9. Nasionalisme yang lahir di Indonesia bukanlah nasionalisme Barat, melainkan nasionalisme of humanity yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno yang berarti bahwa…
A. Kemanusiaan adalah satu
B. Kemanusiaan merupakan perbedaan yang harus dipertahankan
C. Karakter bangsa lahir dari kemanusiaan
D. Jiwa dan jati diri bangsa dipersatukan
E. Kemanusiaan adalah sebuah karakter

Pembahasan

Kunci Jawaban : A

Pembahasan
Pandangan Ir. Soekarno yang menegaskan bahwa nasionalisme of humanity diartikan sebagai kemanusiaan adalah satu yang merangkul semua perbedaan dan mewujudkan titah gajah mada yang memiliki kesamaan tujuan father mother bangsa Indonesia.

 

10. Pidato “Jasmerah” Bung Karno diucapkan pada …

A. 17 Agustus 1947
B. 17 Agustus 1953
C. 17 Agustus 1959
D. 17 Agustus 1961
E. 17 Agustus 1966

Pembahasan

Kunci Jawaban : E

Pembahasan
Jasmerah (Pidato 17 Agustusan terakhir Sukarno).
Menurut A. H. Nasution, Jasmerah adalah judul yang diberikan oleh Kesatuan Aksi terhadap pidato Presiden, bukan judul yang diberikan Bung Karno.

Presiden memberi judul pidato itu dengan Karno mempertahankan garis politiknya yang berlaku “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah”. Dalam pidato itu Presiden menyebutkan antara lain bahwa kita menghadapi tahun yang gawat, perang saudara, dan seterusnya.

Disebutkan pula bahwa MPRS belumlah berposisi sebagai MPR menurut UUD 1945. Posisi MPRS sebenarnya nanti setelah MPR hasil pemilu terbentuk.

 

Posting Komentar untuk "Latihan Tes soal HOTS TWK CPNS Part 28"